Jumat, 26 Januari 2018

EKSISTENSI, POTENSI, DAN KEUNGGULAN


Desa Lomaer merupakan salah satu dari 19 desa yang ada di wilayah Kecamatan Blega yang di pimpin oleh seorang kepala desa. Desa Lomaer Kecamatan BlegaKabupaten Bangkalan yang berada di sebelah timur Kecamatan Blega yang berbatasan dengan Kecamatan lainnya antara Kabupaten Bangkalan dengan Kabupaten Sampang dengan menunjukkan pertumbuhan yang positif, di tandai keberhasilan pembangunan yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun baik sarana maupun prasarana.
           
Desa Lomaer ini mayoritas penduduknya melakukan eksistensi atau pekerjaan sebagai seorang petani. Pekerjaan seorang petani tersebut bukan hanya menghasilkan benih padi melainkan beras, jagung, ketela, dan singkong. Dari pekerjaan tersebut penduduk desa Lomaer menggantungkan hidupnya pada pekerjaan petani. Potensi yang di dapat dari pertanian tersebut bisa menjual  beras ke antar kota. Menurut kepala desa Lomaer, produk yang dihasilkan oleh penduduk desa Lomaer tersebut 20 % - 30 % bisa di ekspedisi keluar. Untuk panen beras bisa dilakukan dalam 1 tahun 3 kali panen dan bisa di ekspedisi ke antar kota ataupun antar provinsi.




Bidang pertanian ini mempunyai keunggulan dan kekurangan dalam proses penanaman maupun ekspedisi ke antar kota. Keunggulannya yaitu dalam kurun waktu 1 tahun bisa panen padi sebanyak 3 kali dalam 1 tahun. Sehingga mayoritas penduduk desa Lomaer ini menggantungkan hidupnya pada bidang pertanian tersebut. Sedangkan, kekurangan dalam bidang pertanian yang ada pada desa Lomaer ini yaitu, tentang faktor cuaca yang kurang mendukung, sehingga proses penjemuran padi yang kurang maksimal bisa menjadi hambatan dalam proses ekspedisi ke antar kota dan bisa membuat para petani di desa Lomaer mengalami kerugian.

0 komentar:

Posting Komentar